Skip to main content

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Pada Microsoft Excel



Microsof excel memang sangat identik dengan pengolahan data, sehingga banyak sekali rumus yang  dilakukan untuk mengolah data, salah satunya Rumus Vlookup.

Rumus Vlookup digunakan untuk menampilkan data secara vertikal menggunakan table bantu. Table bantu dalam excel dapat dibuat dalam satu sheet atau berbeda sheet. Biar gak bingung kita langsung ke TKP aja.
Langkah pertama buat tabel bantu yang akan kita tampilkan, misalnya tabel data barang beserta kodenya.


menggunakan rumus vlookup

Langkah Kedua, membuat nama tabel bantu, caranya blok tabel dari mulai A2 s.d C5 dan beri nama “namabarang” tampa spasi
menggunakan rumus vlookup


Langkah ketiga kita buat lagi tabel di sheet yang baru, kita beri nama sheetnya dengan tabel tujuan, namun kita kosongkan kolom nama barang dan kolom harga. Dan kita akan gunakan rumus vlookup untuk menampilkan nama barang dan harga berdasarkan kode barang.

RUMUS VLOOKUP

menggunakan rumus vlookup


Keterangan :
Vlookup : Kita akan menampilkan data secara vertical
Lookup_value : kode unik yang bisa dibuat acuan, bisa angka atau huruf
Table_array : table bantu dalam hal ini nama tabelnya “namabarang”

menggunakan rumus vlookup

Setelah kita tahu rumusnya maka kita bisa langsung mempraktekkan rumus vlookup yang sangat mudah sekali. Letakkan kursor di kolom kosong nama barang, Jangan lupa menggunakan tanda sama dengan “=”. Rumus lengkapnya adalah sebagai berikut :

menggunakan rumus vlookup


Keterangan :
A3 : lookup_value
Namabarang : table_array
2 : col_index_num
0 : Range_lookup
Maka Hasilnya akan seperti table dibawah ini


menggunakan rumus vlookup

 Untuk kolom harga cara dan rumusnya Sama hanya mengganti col_index_num nya saja, dikolom berapa dia berada, dalam kasus diatas colom harga berada di kolom ke 3, maka akan tampil Sebagai beikut :

menggunakan rumus vlookup



Untuk HLOOKUP akan saya tulis di post berikutnya. :-)

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara